Monday, November 1, 2010

Rutin Ejakulasi Hadang Kanker Prostat?

Kanker prostat adalah kanker paling umum di kalangan pria berusia lebih dari 50 tahun. Kanker ini jarang menyerang pria di bawah 45 tahun kecuali bila ada di antara keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini.

Gaya hidup sehat yang dibarengi dengan pola makan bergizi dan olahraga merupakan cara paling efektif untuk menangkal kanker yang hingga kini belum diketahui penyebabnya ini. Meski masih kontroversial, salah satu mitos yang banyak dipercaya untuk mengurangi risiko kanker ini adalah dengan frekuensi hubungan seks yang sering.

Banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar karena sering olahraga dan rutin melakukan hubungan seksual jarang mengalami masalah prostat. Para ahli yang mendukung teori ini juga mengatakan ejakulasi akan membuat saluran pengeluaran di penis tidak tersumbat.

Sebuah studi yang dimuat dalam The British Journal of Urology menemukan bahwa aktivitas seksual para pria usia 50-an tahun bisa memberi perlindungan dari penyakit ini. "Hal ini disebabkan pelepasan racun yang terakumulasi selama beraktivitas seksual bisa mengurangi risiko berkembangnya kanker pada wilayah prostat," kata Polyxeni Dimitropoulou yang memimpin studi itu. Akan tetapi, hal itu perlu studi lebih lanjut.(Kompas,Jumat, 11 Desember 2009)

No comments:

Post a Comment