Tuesday, November 16, 2010

Tak Pernah Ngeseks, Perlukah Pap Smear?




T. Meski saya belum pernah melakukan hubungan badan, saya dan pasangan melakukan oral seks dan sangat intim secara seksual. Dokter pribadi saya menganjurkan agar saya melakukan pap-smear, tapi saya rasa tidak memerlukannya karena belum pernah melakukan hubungan badan. Apakah saya betul?

J. Salah satu faktor penting penyebab kanker serviks adalah hubungan badan, karena itu pemeriksaan pap-smear bagi wanita yang aktif secara seksual penting sekali.

Namun demikian ada juga sebab lain (faktor risiko) munculnya kanker serviks seperti keturunan, infeksi HPV yang bisa menular lewat sentuhan kulit (oral seks) dan tidak menunjukkan gejala apapun.

Agar lebih yakin dengan permintaan pap-smear dari dokter Anda, tanyakan apa alasannya.

www.loverairways.com, kompas, Senin, 20 Oktober 2008

No comments:

Post a Comment