Monday, August 2, 2010

Sinar-X Pada Tengkorak


Walaupun ini terbatas untuk evaluasi trauma kepala, sinar-X pada tengkorak sangat berharga untuk pemeriksaan kelainan pada dasar tengkorak dan cungkup tulang cranial. Ini juga memungkinkan dokter mempelajari problem-problem tulang tengkorak yang disebabkan oleh penyakit-penyakit lain.

Sinar-X pada tengkorak mengevaluasi tiga kelompok tulang yang menutup kepala: calvaria (disebut cungkup tengkorak), mandibula (dikenal sebagai tulang rahang), dan tulang-tulang wajah. Cungkup dan tulang-tulang wajah dihubungkan oleh sendi-sendi yang tidak dapat bergerak dan mempunyai tepi bergerigi yang disebut sutura. Secara keseluruhan tulang-tulang pada tengkorak merupakan struktur yang kompleks sehingga memerlukan pemeriksaan yang lengkap memrlukan beberapa kali penyinaran sinar-X pada setiap area. .

Mengapa tes ini dilakukan?

Sinar-X pada tengkorak dilakukan karena beberapa alas an berikut ini:

1. Untuk membantu mendeteksi patah tulang setelah trauma kepala.
2. Untuk membantu diagnosa tumor pada kelenjar hipofise, yaitu organ kecil berbentuk oval yang melekat pada otak.
3. Untuk mendeteksi problem-problem tulang tengkorak yang timbul sejak lahir atau karena penyebab penyakit lain.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes?

1. Teknisi sinar-X akan melakukan tes ini, biasanya di bagian radiology. Tes akan berlangsung sekitar 15 menit dan tidak menimbulkan rasa nyeri.
2. Anda tidak perlu berpuasa atau membatasi cairan sebelum tes. Tetapi Anda harus melepas kacamata atau perhiasan apapun yang ada pada lapangan penyinaran. Jika Anda memkai gigi palsu, Anda harus melepasnya.

Apa yang terjadi selama tes?

1. Anda akan dibaringkan pada meja penyinaran atau duduk di kursi dan diminta untuk tidak bergerak. Mungkin digunakan bantalan busa, kantong asir atau pita kepala untuk menahan kepala Anda dan agar Anda merasa nyaman.
2. Teknisi biasanya melakukan lima kali penyinaran yang berbeda-beda pada kepala Anda. Film sinar-X dicetak dan dicek kualitasnya sebelum Anda meninggalkan tempat tersebut.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Dokter ahli radiology menginterpretasikan hasil sinar-X. Ini adalah dokter spesialis yang mengevaluasi ukuran, bentuk, ketebalan dan posisi tulang pada kepala, pembuluh darah, dan struktur-struktur lain. Semuanya harus tampak normal sesuai umur penderita.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Sinar-X pada tengkorak sering dapat menunjukkan adanya patah tulang pada kalvia atau dasar tengkorak. Akan tetapi, ini tidak dapat menunjukkan patah tulang pada dasar jika tulang yang di tempat tersebut padat. .

Sinar-X pada tengkorak dapat juga memperlihatkan problem-problem yang timbul sejak lahir. Sebagai tambahan, ini juga dapat menunjukkan daerah otak yang terjadi penumpukan kalsium terlalu banyak. Tumor-tumor otak tertentu, seperti oligodendroglioma atau meningioma, mengandung kalsium.

Sinar-X pada tengkorak dapat menampakkan perubahan pada struktur tengkorak yang disebabkan oleh penyakit lain seperti penyakit Paget

No comments:

Post a Comment