Monday, August 2, 2010

Kelumpuhan syaraf cranial ke-4 (syaraf Trochlear)

PENYEBAB

Seringkali, penyebab tersebut tidak bisa dikenali. Penyebab paling umum dikenali karena luka kepala, seringkali disebabkan kecelakaan motor. Kadangkala, diabetes menyebabkan kelumpuhan ini. Jarang, penyebabnya adalah tumor, aneurysm, atau multiple sclerosis.

GEJALA

Salah satu atau kedua mata kemungkinan terkena. Mata yang terkena tidak dapat memutar ke dalam dan ke bawah. Akibatnya, orang melihat gambar ganda, satu ke bawah dan sedikit ke bagian lainnya. Dengan demikian, menuruni tangga, yang memerlukan melihat ke dalam dan ke bawah, adalah sulit. Meskipun begitu, kemiringan kepala ke arah otot yang terkena sebaliknyua bisa mengganti kerugian dan menghilangkan penglihatan yang ganda. Posisi ini bisa menghilangkan penglihatan yang ganda karena orang menggunakan otot mata yang terkena kelumpuhan untuk memfokuskan kedua mata pada sebuah objek.

Tahukah Anda.........
Kelumpuhan pada syaraf cranial ke-4 menyebabkan penglihatan ganda, tetapi memiringkan kepala ke salah satu sisi menghilangkannya

DIAGNOSA

Biasanya, diagnosa diduga jika seseorang telah memiliki kelainan karateristik gerakan mata. CT atau MRI kemungkinan dilakukan.

PENGOBATAN

Gangguan yang menyebabkan kelumpuhan, jika dikenali, diobati. Olahraga mata bisa membantu. Kadangkala operasi diperlukan untuk menghilangkan penglihatan yang ganda.

No comments:

Post a Comment