Sunday, December 20, 2009

Luka Memar dan Goresan pada Otak

Luka memar otak adalah memar di otak, biasanya disebabkan oleh pukulan kuat yang langsung ke kepala. Luka goresan otak adalah goresan di jaringan otak, disebabkan oleh objek asing atau didorong oleh pecahan tulang dari tengkorak yang pecah.


* Kecelakaan kendaraan bermotor dan pukulan ke kepala adalah penyebab utama memar dan goresan jaringan otak.

* Gejala ringan atau hebat cedera kepala terjadi.
* Computed tomography dilakukan.
* Orang diperiksa di rumah sakit dan kadang-kadang pembedahan diperlukan.

Luka memar otak dan luka goresan terlobat dalam kerusakan otak struktural dan bila lebih serius dapat gegar otak. Luka memar mungkin disebabkan oleh percepatan mendadak otak yang diikuti sentakan - seperti disebabkan pukulan kuat ke kepala atau oleh perlambatan mendadak yang terjadi ketika kepala terbentur pada objek yang tak dapat dipindah (seperti pada benturan kecelakaan kendaraan bermotor dari depan). Otak bisa rusak di titik terkenanya dan di seberang pukulan di dalam tengkorak. Luka memar dan luka goresan bisa menyebabkan pendarahan atau pembengkakan di otak.

GEJALA

Luka memar dan luka goresan mungkin sangat kecil, menyebabkan kerusakan minimal di otak, dengan sedikit gejala atau gejala cedera kepala minor. Tetapi, dengan luka yang lebih besar, atau jika bengkak atau pendarahan hebat dari luka kecil, orang mungkin mempunyai gejala cedera kepala hebat. Misalnya, orang sering tidak sadar untuk waktu pendek (seperti beberapa menit atau kurang) atau lebih panjang. Kalau bangun, orang sering mengantuk, bingung, resah, atau gelisah. Mereka juga mungkin mengalami muntah, pingsan, atau tidak seimbang atau koordinasi. Kemampuan untuk berpikir, menguasai emosi, bergerak, merasa, berbicara, melihat, mendengar, dan mengingat mungkin terhalang. Luka yang lebih hebat menyebabkan pembengkakan dalam otak, kerusakkan jaringan otak berlanjut. Herniation otak mungkin terjadi, kadang-kadang akibatnya menjadi ke koma.

DIAGNOSA

Dokter melakukan CT scan untuk membuat diagnosa luka memar atau luka goresan. Jika pendarahan dan pembengkakan adalah kecil, orang diopname dan diperiksa, biasanya selama sekitar seminggu. Jika pendarahan hebat, dokter mengobati mereka seolah-olah mereka mempunyai cedera kepala hebat. Sering orang ditempatkan di ICU. Dokter menjaga tingkat tekanan darah dan oksigen dan karbon dioksida darah di tingkat yang diinginkan. Mereka mungkin memberi oksigen tambahan, ventilasi mesin, pereda rasa sakit, dan bius. Demam dan pingsan diobati.

PENGOBATAN

Untuk mengukur tekanan di otak, dokter mungkin menanamkan alat pengukur tekanan di dalam tengkorak atau sisipan pipa ke dalam salah satu tempat dalam (ventrikel) dalam otak. Jika pendarahan menyebabkan herniation, darah mungkin perlu disingkirkan dengan pembedahan untuk mencegah tekanan otak. Tetapi, jika menyingkirkan darah juga jaringan otak, lalu fungsi otak pada akhirnya dapat menjadi cacat.(medicastore)

No comments:

Post a Comment