Thursday, November 11, 2010

Yang Diinginkan Istri dari Suami

Pada akhir kariernya Sigmund Freud mengaku frustrasi: “Pertanyaan besar yang belum mampu saya jawab selama 30 tahun riset saya pada jiwa perempuan adalah, apa yang yang diinginkan wanita?”



Bertahun-tahun kemudian, melalui bukunya The Evolution of Desire, psikolog David M. Buss, Ph.D, dari The University of Texas, Amerika Serikat, menawarkan jawaban yang cukup menantang untuk dibuktikan.

Dalam penelitian terhadap 10.000 wanita dari 37 latar belakang budaya berbeda ia bertanya, apa yang mereka inginkan dari pasangannya? Jawaban yang paling umum adalah:

   1. Uang dan kesejahteraan
   2. Status sosial dan pengaruh (power)
   3. Seseorang yang lebih tua (rata-rata 3,5 tahun lebih tua dibanding dirinya)
      Ambisi
   4. Kecerdasan dan dapat diandalkan
   5. Cinta dan komitmen

Lima teratas dari jawaban tersebut memberi wanita rasa aman yang dibutuhkan agar dapat memenuhi tuntutan biologis untuk mengelola keluarga, termasuk membesarkan anak (Bahkan bila wanita tidak punya anak, menurut Buss, keinginan-keinginan yang tersimpan di dalam hati ini tetap memandu wanita dalam memilih). Pria lebih tua, lebih cerdas, berambisi meraih status sosial yang lebih tinggi dapat memberinya jaminan evolusioner dalam beranak-cucu: makanan, perumahan, pendidikan, dan perawatan kesehatan yang lebih baik.

Sementara cinta dan komitmen membuat semua hal di atas menjadi lebih bisa dinikmati dan penuh manfaat.
Pemahaman atas agenda terdalam wanita itu akan membantu pria mengerti mengapa umumnya wanita berupaya merengkuh keamanan hubungan jangka panjang. Jadi, jangan buru-buru ditawari seks.
(Sumber : GHS, Kompas,Kamis, 10 Januari 2008)

No comments:

Post a Comment